Rokok terakhir

Dengan di bakarnya batang terakhir ini, menandakan bahwa saya mengumumkan berakhirnya tugas saya sebagai pekerja hari ini, harusnya tidak ada sanggahan, tidak ada diskusi lanjutan, tidak ada pertanyaan, dan tidak ada hal yang berbau pekerjaan, seiring terus terbakarnya tembakau dan nikotin yang di hisap perlahan harusnya ini menjadi waktu saya menikmati sebagai manusia bebas, setidaknya sampai besok pagi sebelum kembali melaksanakan rutinitas monoton yang terkadang memuakan dan terkadang sedikit di rindukan.

Sampai saat ini, definisi kebebasan bagi saya terkadang saru, di lain sisi, ketika terbebas dari rutinitas monoton saya kembali terjebak ke rutinitas monoton berikutnya dan berikutnya dan berikutnya, apakah memang seperti itu pola hidup manusia? Di tuntut untuk mengerjakan rutinitas monoton yang berkelanjutan dan berseri, atau hanya saya seorang yang terlalu memikirkannya,  entahlah, tapi apapun itu setidaknya sampai hari ini rutinitas monoton itu, masih terus membuat saya berpikir dan mencari apa ada rutinitas yang tidak monoton, atau bagaimana dengan para motivator yang menyatakan “kebebasan adalah ketika manusia tidak terikat oleh suatu sistem, tidak ada jenjang hierarki, ber-wiraswastalah dan menciptakan pekerjaan baru, dengan sistem ‘saya’ yang sangat inovatif dan hebat” ???, bukannya ketika menciptakan pekerjaan baru, secara otomatis dia akan kembali ke dalam sistem dan membuat rentetan hierarki baru , bedanya kita berada di bagian atas sistem dan berada di jenjang tertinggi heirarki??? dan yang pasti akan kembali kerutinitas monoton, ah, membingungkan, saya pikir maksudnya sederhana saja “ber-adalah di atas sistem dan hierarki, niscaya kebebasan itu bertambah saru”.

Bagaimana Menurut Anda?

